2007-03-23

Bikin Form Psikotes Penjumlahan Angka

Pernah ketemu form isian kaya gambar di bawah ini pas psikotes..??

Form di atas adalah salah satu model psikotes yang populer.. Menyebalkan emang, menjumlahkan angka dari bawah ke atas atau sebaliknya.. Angkanya banyak banget lagi..

Kadang-kadang ada baiknya kita coba-coba ngerjain psikotes kaya gini.. Tapi bikin form kaya di atas repot juga kali ya.. Nulis 3000 – 5000 angka secara acak kayanya lumayan bikin cape deh..

Sebenernya dengan Microsoft Office Word kita bisa bikin script sederhana buat bikin angka-angka kaya gitu.. Kalo cuma perlu 5000 angka doang sih kecil.. Ga sampe satu detik (tergantung CPU juga sih), 5000 angka acak udah muncul.. Penasaran gimana caranya..??

Ok, im kasih tau deh.. Pertama buka dulu Microsoft Office Word-nya.. Setelah itu buka menu Tools > Macro > Visual Basic Editor atau dengan shotkey Alt+F11..

Kalo udah kebuka Visual Basic Editor, buka menu Insert > Module..

Setelah modul barunya jadi, ketik skrip di bawah ini:

Sub PsikoNumGenerator()

Randomize Timer

theEnd = InputBox("Jumlah angka yang akan dibuat", "Jumlah Angka")

If Not IsNumeric(theEnd) Then Exit Sub

If Int(theEnd) = 0 Then Exit Sub

For i = 1 To theEnd

theText = theText & vbTab & Int(Rnd(i) * 10)

Next

Selection.TypeText Text:=theText

End Sub

Kalo udah, kembali ke Microsoft Office Word dan buka menu Tools > Macro > Macros… atau pake shortkey Alt+F8..

Pilih PsikoNumGenerator, terus masukin jumlah angka yang mau kamu bikin, misalanya 5000..

Secara otomatis di dokumen ada 5000 angka acak untuk latihan psikotes.. Tinggal atur deh formatnya biar enak dikerjain, misalnya ganti jenis dan ukuran huruf, ukuran kertas, dll..

Kalo ga mau repot kamu bisa download contoh dokumennya di http://www.adiwibowo.com/psikonumgenerator.doc.. Jangan lupa ubah seting Macro Security supaya bisa jalanin script-nya ya..!!

43 comments:

Anonymous said...

Luar biasa. Pas banget. Temen gue mau ikutan USM ITB, dia butuh deret replin ini. Gue cariin di internet, gak ketemu. Bahasa Inggrisnya apa yah? Gue googling gak ketemu soalnya. Tapi ketemu artikel ini. Tertolong banget! Temen gue jadi makin semangat belajar buat USM ITB. Bisa gue kutip dalam web gue?

Anonymous said...

Wah aku sangat berterima kasih nih.
Dah lama bgt aku cari yg kayak gini. Smoga ni smua bisa bermanfaat buat smuanya.

Anonymous said...

bagus sekali artikel yang anda berikan ini.. tetapi anda tidak menjelaskan bagaimana cara membuat kunci jawaban kebenaran angka yang di hitung.. mohon anda berikan artikel cara membuat kunci jawaban otomatisnya dengan VB juga...sehuingga memudahkan dalam memcocokkan hasil latihan kita. jika artikelnya sudah ada mohon di kabari saya di www.muhib.co.nr

Anonymous said...

Makasih y......

Anonymous said...

ada yang lebih sederhana, ketik =rand()*9 , maka tinggal sorot aja seberapa lembar anda mau latihan, otomatis dibikin random angka 0 s/d 9. semoga membantu :)

Unknown said...

kok saya berkali2 coba tetap tidak bisa y?? >.<

Anonymous said...

tanks banget ini ngebantu gw banget ^-^

veetroh said...

KEREEN!
bermanfaat bgt bwt latian psikotes USM ITB dll.. thx bgt..

Anonymous said...

Wah, makasih banget infonya...
kebetulan temen Q mo tes di Pertamina yang katanya pake pauli ma kreaplin.

2 tes ini kan mirip2, cuma kadang kita butuh latihan dulu.

Thanks banget yach...

Naufal Firas Lubaba said...

suuuuangarr bos!!

trima kasih ya boy, tak doakan sukses apa aja yg kamu pengen

suwun seng akeh cok!!!

angga nugeraha said...

nuhun nya.............. semoga amal ibadahnya di terima,,, ilmu yang bermanfaat akan menjadi tabungan di suatu saat nanti... hehe.

Anonymous said...

Juancok-asu, ini baru keren. makasih banyak es....udah brapa kali gw kena tes beginian...kaga pernah kelar halaman pertama. Ini asik bgt. Tengky pakde, sampeyan the best!!

merr said...

ARIGATOU ^^

terima kasih skali~ saya sangat membutuhkan latihan pauli untuk test dalam waktu dekat.

once again, terima kasih ya :)

Unknown said...

misi bos mau nnya klo misal buatnya pake microfot word 2007 gmn ya? kok gw ga neuin menu tools nya thx...

simple me said...

thx buanget Bos... it's really help me buat latihan...

Anonymous said...

Atra: luar binasaaaa,,^^
Manthapfff,,,,,,,,,,,,,,,,,

Anonymous said...

waah keren artikelnya, mohon ijin buat di jadiin sumber ya gan...
thanks

Anonymous said...

sipp

Anonymous said...

thanks banget gan...

Anonymous said...

wow !!!!!
kuerenn !! ini yang kuharapkan..

Anonymous said...

apa tes ini juga diliat dari bagusnya penulisan angka ? misalnya angka 7 yg tertulis mirip angka 1, atau yg tulisannya kurang jelas

im said...

@atas ane:
ane ga ngerti maskud pertanyaanya. intinya, coding di atas buat bikin form untuk latihan psikotes. belum sempurna, tapi udah cukup buat latihan.

Anonymous said...

maksud pertanyaannya, misalnya kalo kita sudah buru2 ngerjain tesnya sampe2 ada angka yang penulisannya kurang jelas, misalnya kita menulis angka 7 tapi terlihat seperti angka 1

Anonymous said...

makasih atas infonya yah gan.
berguna bgt bwt pemanasan otak.
huhuuu...berasa kya ank SD lg latihan brhitung :D

Anonymous said...

ha, I will test my thought, your post give me some good ideas, it's really amazing, thanks.

- Thomas

Anonymous said...

I am doing research for my college thesis, thanks for your useful points, now I am acting on a sudden impulse.

- Kris

the architect said...

thanks brother...
insyaAllah jadi bekal buat tes bsk senin...
wish me luck ya...

aamiin..

Raja Botol Plastik said...

tks' sob
very very good article

Anonymous said...

wah saya ikut nimbrung nih...

saya cuma mau ngasih informasi aja kalo dalam setiap test psikologi itu ga perlu persiapan apa- apa yang penting ikutin instruksi yang dikasih.

sebenernya kalo untuk mahasiswa Psikologi membuat dan menyebarkan form kaya gini tu bisa dibilang melanggar kode etik psikologi karena membocorkan salah satu alat tes.

kalo sudah latihan sebelumnya nanti hasil yang didapat bisa ngga valid alis ga murni lagi dong judulnya aja tes psikologi jadi apa yang dihapadi yang akan berhubungan dengan keadaan psikologi kita.

thanks, ini cuma untuk informasi aja dari tujuan tes psikologi.

RiYu_37 said...

Gw tertolong bgt niy.dulu emg gw srg bgt nemuin pauli test like this!
skrg gw nyari ahir na ktmu dsni.skrg gw mo pake tuk test penerimaan kasir.hahahaaa... Thx...

Anonymous said...

bagus sekali gan!!
saya sangat tertarik dan salut buat anda..
sukses buat anda ya!!

Anonymous said...

klo ga ada menu tools d ms.wordnya gmna???
adanya setelah masuk menu view-->macros-->tp habis ntu ga ada yg buat masukin jumlah angkanya..
mohon bantuanya..
terimakasih

HermanW said...

wah, ane baru tau klo d word bisa jadi compiler vb, hahaha a,,
mantaf gan shareNya ,,,

ivan_poenya said...

hatur nuhun...
ngabantos pidan

Unknown said...

thankz berat,,,

Anonymous said...

Alhamdulillah,,,sesuatu banget :D

Anonymous said...

thanks ngebantu banget.....

Anonymous said...

makasih ya, ijin praktekin

ulil said...

makasih banyaaaak bangeeet....
Moga Allah membalas kebaikan pean ...

Dewi JacobAvaCullen Oktarina said...

thanks,,,,
bermanfaat sekali,,, hnya dalam beberapa menit,, ribuan angka udah tercetak,,unt latihan kraeplin,,

skli lg maksih bngt,,sngat membantu,,

Anonymous said...

thanks yo !

Anonymous said...

keren banget... makasih

Anonymous said...

Ijin pelajari ya, semoga terima kasih semoga jadi kebaikan..